Berkenalan dengan Si Cantik Isadora

Baru saja saya berkenalan dengan Isadora sekitar 3 hari yang lalu, pandangan pertama langsung jatuh cinta, dengan booting yang cepat, ringan dan tentu saja tampilan yang sangat fresh membuat Isadora agak sedikit berbeda dengan linux turunan debian yang lain. Yap, Isadora yang dimaksud disini adalah Linux Mint 9 dengan call sign Isadora, seperti yang kita ketahui Linux Mint dalam setiap release nya selalu menggunakan nama wanita, saya menggunakan Linux Mint sejak versi 7 (Gloria) lalu ke versi 8 (Helena) dan sampai sekarang saya tetap memilih Linux Mint.

Linux Mint adalah Linux keturunan debian yang setiap release nya mengikuti Ubuntu, jadi untuk repository dan tutorial tidak terlalu sulit dicari, jika kita mau berusaha pasti bisa menggunakan Linux. Saya menggunakan linux hanya sebatas pengguna, tidak sampai mengoprek Linux, di sini saya sendiri hanya membutuhkan beberapa aplikasi untuk menunjang pekerjaan saya yaitu :

  1. RhythmboxIni adalah aplikasi pemutar lagu, dengan tampilan yang sangat mirip dengan Winamp ver. 5 membuat saya terbiasa dengan aplikasi ini, Aplikasi ini juga sudah ada secara default, sebenarnya ada lagi pemutar lagu bernama Audacious yang juga mirip dengan Winamp Classic yang bisa di download di repository linux, keduanya bagus, tentu saja itu tergantung selera anda untuk menggunakan yang mana.
  2. JavaIni yang paling penting, rencananya saya memang ingin memindahkan kegiatan developtment hanya di Linux, dan di Windows hanya untuk bermain game atau semacamnya.
  3. Eclipse dan NetbeansHampa rasanya jika nge-java tidak ada Eclipse dan Netbeans, Netbeans untuk Desktop dan Eclipse untuk Java Enterprise. Pada acara Eclipse Democamp di Microsoft kemarin saya melihat demo GUI Builder di Eclipse menggunakan MIGLayout, saya belum pernah mencobanya, tapi untuk saat ini saya masih menggunakan Netbeans untuk aplikasi Desktop.

  4. SMART ZTE AC2726Modem ini cukup sulit diinstall di Linux, SMART juga belum mengeluarkan driver khusus untuk di Linux, membuat saya harus menginstall manual, tapi tidak usah khawatir, di google banyak sekali bertebaran cara untuk menginstall modem ini.
  5. MysqlIni adalah database default saya ketika development, sebenarnya saya juga menggunakan H2 sebagai Embedded Database tapi untuk saat ini sepertinya belum terlalu perlu.
  6. GyacheIni adalah aplikasi pengganti Yahoo Messanger di Windows, bagus sekali, bisa melihat user yang sedang invisible secara langsung dan tidak terlalu berat.
  7. Google ChromeSlurrrp…ini dia browser yang ringan, cepat dan minimalis dengan kemampuan maksimalis.

Nah, Itulah aplikasi-aplikasi penting untuk saya gunakan di Linux, sisanya mungkin sudah ada secara default di Linux Mint Isadora ketika kita menginstall-nya, saya menggunakan Linux dual boot bersama Windows XP, mumpung masih mahasiswa, kesempatan untuk belajar masih banyak sekali, mengikuti Eclipse Democamp kemarin membuat saya belajar banyak, terutama ketika pembukaan dengan Adnan Risman dari Microsoft yang menurut saya cukup banyak mengajarkan kita tentang pengalamannya. Oke cukup sampai disini dulu artikel ini, mungkin nanti saya akan cerita tentang acara Eclipse Democamp kemarin di Microsoft.

Regards

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.