Wisuda = di Lantik Menjadi Pengangguran

Banyak orang sangat bangga jika dia telah di wisuda dan mendapatkan gelar S1, 4 tahun mencari ilmu di universitas dengan biaya puluhan juta rupiah dengan harapan mendapatkan skill yang mumpuni dan bisa bersaing di dunia kerja nasional atau bahkan internasional. Wisuda di gelar dengan penuh kemewahan, kebanggaan dan di gelar di tempat yang megah. Mungkin mereka tidak menyadari bahwa dengan di wisuda bukan berarti mereka selesai belajar dan berhenti berjuang, menurut saya sebenarnya ketika seseorang di wisuda itu berarti dia resmi “dilantik” menjadi pengangguran dan otomatis menambah angka pengangguran. Setelah di wisuda inilah dia mulai berusaha agar mendapatkan perkerjaan yang layak untuk masa depannya sendiri, entah itu 3 bulan, 6 bulan, atau bahkan berbulan-bulan dia akan melepas status “pengangguran” nya itu.

Yah walaupun TIDAK SEMUA orang yang di wisuda berstatus belum bekerja/berpenghasilan, tapi mungkin mahasiswa yang sudah bekerja/berpenghasilan tetap itu pasti adalah minoritas diantara mahasiswa-mahasiswa yang belum bekerja/berpenghasilan. Semuanya kembali kepada diri kita sendiri, jangan terlalu banyak berharap dan berpangku tangan kepada pemerintah yang bilang ingin menurunkan angka pengangguran, percuma jika pemerintah bilang seperti itu tapi kita tidak berusaha untuk merubah hidup kita sendiri. diriku pun sekarang mencoba untuk berfikir positif atas segala yang telah saya alami walapun itu sangat buruk hasilnya bagi saya.

Aku sekarang sedang menuntut ilmu di sini. Diriku juga semester 2 koq, semuanya dimulai dari kita sendiri, saya punya teman-teman yang sudah “dilantik” menjadi pengangguran dari dulu, dan sekarang pun dia sedang “menikmati” masa pelantikannya itu. Bukannya mau tertawa di atas penderitaan orang lain, tapi alangkah baiknya perjalanan hidup orang lain itu kita jadikan contoh untuk selangkah lebih maju. Siapa tahu kita nanti bisa maju terus bisa membantu teman kita itu? Hehehe… biaya kuliah itu mahal, mungkin saja minimal 35 juta akan meluap begitu saja ke langit bersama bintang-bintang,wkwkwkwkw. Ingat,semahal apapun kamu kuliah. Kamu gak akan bisa MEMBELI ilmu, karena ilmu itu adalah salah satu hal di dunia ini yang tidak bisa dinilai dengan uang.

Setiap tahun angka pengangguran itu pasti bertambah, karena angkatan kerja juga bertambah, entah itu dari lulusan SMA ataupun UNIVERSITAS, entah lulusan yang hanya modal gelar atau lulusan yang hanya modal channel yang luas. Saya memposisikan diri saya di pihak yang netral dan tidak memihak, saya pun kelak pasti akan “dilantik” menjadi pengangguran dengan catatan sebelum diwisuda saya belum bekerja, tapi tidak ada yang tahu masa depan seperti apa. Saya hanyalah mahasiswa IT biasa yang sedang berusaha merubah diri saya sendiri dan tidak ingin mengurus orang lain sebelum saya benar-benar bisa merubah diri saya.

Ingat kawan-kawanku, semuanya itu berawal dari “1% bakat dan 99% kerja keras”.:evillaugh:

20 thoughts on “Wisuda = di Lantik Menjadi Pengangguran”

  1. kalo gitu.. salah satu jalan biar ga terjadi pengangguran adalah…

    tidak diwisuda :evillaugh:

    Kus Andriadi :
    wokwkowkowkowko…jadi himapala donk,,Himpunan Mahasiswa Paling Lama,wkwkwkkwkw

  2. Saya jadi inget kata seseorang, dia bilang lebih baik jika pada waktu kuliah itu – bisa sambil kerja juga.
    Jadi ntarnya setelah wisuda, ngga terkejut dengan dunia kerja, dan ada peganganlah pastinya.

    :mlorok:


    Kus Andriadi :
    Iya,mudah2an saya bisa kaya gitu…amiiin,

  3. sebenarnya itu tergantung dari diri kita sendiri….
    janganlah terlalu berharap kita kuliah itu untuk kerja…
    tapi,, untuk mendapatkan ILMU…
    jadi,, jika kita nanti wisuda, dan blom dpt kerja,, ya,, kita jadikan ilmu yg kita dpt untuk membuat kita hidup…

    Kus Andriadi :
    Masalahnya sangat sedikit orang yang berfikir seperti mas parlin…hehehe,,
    dan mudah2an saya bisa termasuk dari yang sedikit itu…hehe

  4. Yakin deh.. kalo bergelut di bidang IT pasti laku di pasaran, belum banyak kok rakyat indonesia yang melek teknologi, jadi masih banyak kesempatan.
    So, optimis aja..

    Kus Andriadi :
    hahaha..belum tentu IT laku…yang belum melek teknologi emang banyak banget, tapi yang lagi menggeluti dunia IT baik Otodidak maupun formal itu gak kalah banyak kan?

  5. yaah menurut saya itu semua tergantung dari masing-masing individu. ada kok orang yang tidak kuliah tetapi bisa sukses, makax kita terus dituntut untuk kreatif dalam bersaing di masa global seperti ini, layaknya kompetisi, yang kalah harus tersingkir. :kacamata:

    Kus Andriadi :
    Yang kalah harus tersingkir…ya betul,kita hidup memang berlaku hukum rimba..hehehe

  6. saya jadi ngeri mao wisuda nech,, karena bakal ganti status dari mahasiswa jadi pengangguran,,,, :puyeng::puyeng:

    Kus Andriadi :
    wakkwakkwkawkkak..jangan putus asa gitu dunx…yang penting usaha dulu,,hehe…

  7. hmmm.. dunia IT mah kl emang bnr2 di-serius-in ga bakal merugikan koq… sampe skrg daku msh ngerasa kerjaan yg lowongannya ga pernah surut itu yaaa IT :tob: yg pasti … skrg ini tinggal pikirkan masak2 mau di wisuda dibidang apa?

    Kus Andriadi :
    bukannya gak pernah surut..tapi belum saatnya surut,,orang yang kul di bid. IT itu udah cukup banyak soalnya..

  8. iye-iye, bener banget….

    Jangan diwisuda biar gak jadi pengangguran :tob:

    Bisnis wae lah…
    okey coy…

    :mataduitan:

    Kus Andriadi :
    TApi klo binisnya gagal gmana? ^^

  9. keliatannya berita buruk neh
    ayo donk semangat , tunjukkan kreatifitasmu :sliweran:

    Kus Andriadi :
    haha..gak buruk juga seyh…

    Ok! yang penting skill…he

  10. Kata pepatah sie ngak ada istilah ngagur bagi orang berbakat
    tapi kenataanya sie teteup aja susah

    bener lah, mending ngak diwisuda
    bukannya sebelum diwisuda juga kita udah nganggur ya ?

    Kus Andriadi :
    Sebelum di wisuda emang sih kita nganggur…cuma agak “bias” karena kita kuliah n belajar,jadi gak bisa dibilang nganggur or luntang lantung jg…

  11. la trus jadinya mending wisuda ato nggak wisuda-wisuda :mikir: biar jadi setan kampus :evillaugh:

    Kus Andriadi :
    jangan ngomong gitu ah..do the best n let god take the rest aja..

  12. 1% bakat dan 99% kerja keras ? ndak selalu seperti itu, tapi bagus lah kalo sampeyan punya prinsip seperti itu :tob:

    Kus Andriadi :
    setiap orang mempunyai pandangan berbeda…tapi bakat terkadang tidak menentukan kemampuan seseorang….^^

  13. menurut saya g ada hub antara wisuda dan pengangguran. pengangguran itu terjadi karena lapangan pekerjaan memang susah dan kualitas kita tidak bisa bersaing dengan lulusan yang dari luar negeri. so diwisuda atau tidak tetapi kalau kualitas kita lebih baik dari orang luar tentu kita g nganggur. orang yang tidak di wsuda juga lebih banyak yang menggur lho.. :mataduitan:

    Kus Andriadi :
    haha….tapi kemarin saya baru aja baca buku kata para “pakar” justru skill orang indonesia tidak kalah sama orang eropa dan asia lain, yang jadi kendala hanya 1..yaitu bahasa asing…
    sebenarnya lapangan kerja itu banyak banget mas…saya percaya itu,yang susah itu mencari orang-orang yang pas menempati posisi lowongan kerja di perusahaan itu…

  14. waduh dinda adad rencana buat kuliah juga tapi kog………………. jadi ragu niehhhhh:lalala::kacamata::mlorok:

    Kus Andriadi :
    ooow,dinda belum kuliah? kukira udah kuliah..hehe…

    gpp dinda,,
    do the best n let god take the rest ajah,,semuanya pasti ada jalannya…

  15. maaf, saya kurang setuju. semua tuh tergantung usaha kita. banyak orang2 sukses tanpa kuliah. ya nga ?

    Kus Andriadi:
    Saya kan bicara lulusan Universitas,,hehehe…
    iya emang bener banyak yang tanpa kuliah bisa sukses,tapi itu sedikit kak fathi..^^

  16. well.. belum tentu loh jadi pengangguran.. kreatif aja.. atau bikin usaha sendiri, bisa mempekerjakan orang2 wahh.. pasti mantep itu…

    btw, salam kenal juga mas.. ^__^

    Kus Andriadi :
    iya belum tentu, semua itu tergantung usaha kita pada saat kuliah..kan saya tulis di artikel..hehe,,

  17. faktor krisis gLobaL X y..?

    Kus Andriadi :
    gak tau juga deh,,Faktor O kali put….OTAK,,wkwkkwkwkwkkw

  18. Kuliah merupakan saat meningkatkan skill dibarengi pengetahuan serta logika.
    Hanya apakah kreativitas dan “indera” kita cukup peka terhadap berbagai peluang.
    Kerja atau berbisnislah yang kecil daripada nganggur. Bukan pula Wisuda menjadi batunya.

    nusantaraku’s last blog post..Anjing dengan Tubuh Bercahaya Berhasil Dikloning

    Kus Andriadi
    Setiap orang mempunyai pendapatnya masing-masing…masalahnya kan mahasiswa jaman sekarang maunya enak aja,hehehe…

  19. Haaaaa, seru juga!!!tapi benar juga ci wisuda jd penggguran tapi, sebenarnya yang salah taktik itu personalnya koc, kalau saja dulu ada kegiatan atau Perkerjaan yang dibangun semenjak kuliah jug tidak mengganggu kuliah. misalnya, sekarang kan banyak Universitas yang memakai Mahasiswanya untuk beberapa kegiatan perkuliahan.

    Kus Andriadi :
    hehehe, i know what did you mean..:)

  20. bener banget …
    jangan dengerin kata orang mas Kus … faktanya emang bener setelah wisuda = pengangguran …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.